Kyrgyzstan- Bishkek&Ala Archa

Trip ke Kyrgyzstan adalah bonus karena waktu terbatas dan kami baru mendapat evisa seminggu sebelum trip berakhir.

Kami memilih Kyrgyzstan karena tertarik dengan Ala Archa National Park yang tidak jauh dari Bishkek.

Sementara Bishkek, ibukota dan kota terbesar di Kyrgyzstan berada hanya 236km dari Almaty, Kazakhstan, kota yang menjadi base trip kami

Kami naik marshrutka dari Sayran bus station di Almaty menuju Bishkek dengan tiket 1300T. Dari Almaty menuju border sejauh 211km, proses imigrasi lancar, namun harus berjalan kaki cukup jauh menyeberang Chu river pula di tengah malam. Kemudian kami naik taxi 25km dari border menuju City center Bishkek karena ditinggal marshrutka 🤭

Apartment kami terletak di City center, dan hostnya sangat baik seperti reviews yang lain. Home Hotel Bishkek namanya.

Sayangnya keesokan harinya salju sudah turun sejak pagi sehingga hawanya dingiiin.

Ala Archa National Park

Kami bertekad tetap ke Ala Archa National Park dengan menyewa mobil seharga 2500KGS atau 35USD.

Taman Nasional Ala Archa adalah taman nasional di pegunungan Tian Shan di Kyrgystan, terletak sekitar 40 km selatan ibukota Bishkek.

Seharusnya tempat ini indah tapi karena sudah winter maka yang tampak hanya putih saja🤭

Ala Archa merupakan destinasi wisata favorite di akhir pekan bagi warga lokal, pejalan kaki, pendaki kuda, pemain ski, serta pendaki gunung.

Taman ini buka sepanjang tahun, meskipun paling populer adalah akhir musim panas dan awal musim gugur.

Ada tiket masuk untuk memasuki taman. Melewati gerbang, jalan berlanjut 12 km ke sekelompok fasilitas pendukung, termasuk satu pondok yang baru saja direnovasi.

Taman ini mencakup sekitar 200 kilometer persegi, dan ketinggiannya berkisar dari sekitar 1.500 meter di pintu masuk hingga maksimum 4.895 meter di Puncak Semenova Tian-Shanski, puncak tertinggi di kisaran Ala-tau Kirgistan di Tian Shan.

Ada lebih dari 20 gletser kecil dan besar dan sekitar 50 puncak gunung di dalam taman.

Taman ini mencakup Ala-Archa river valley dan pegunungan di sekitarnya.

Kami berjalan kaki tidak terlalu jauh dari sini karena pemandangan hanya salju dan salju🤭

Setelah sekitar 1 jam kami kemudian pulang dan berfoto di depan sungai

Bishkek

Setibanya di Bishkek ternyata mencari ATM susah, tapi banyak sekali money changer.

Kami makan di restoran Turkey, masih dengan menu kaya beef😊

Sorenya saya ke Osh Bazaar untuk melihat-lihat suasana di sana.

Osh Bazaar

Hujan turun, dan kami kembali mencoba manti atau dumpling

Dari osh Bazaar kami ke Ala Too Square, dan kebetulan tepat pergantian penjaga

State Historical museum, Statue of Manas
Ala Too Square

Di sebelah selatan square adalah Chingiz Almatov Memorial

Chingiz Almatov memorial

Dari sana kami berjalan menuju Erkindik Boulevard, yaitu jalan luas dan indah dikelilingi taman.

Erkindik Boulevard

Boulevard cantik yang sangat Saya nikmati

Saya berjalan hingga ke selatan ke penginapan kami sambil menikmati suasana malam

Esoknya sebelum kembali ke Almaty, saya mengunjungi Oak Park di dekat Ala Too Square, yang kemarin terlewatkan.

Oak Park

Oak Park adalah salah satu taman tertua Bishkek, dan merupakan tempat pameran terbuka dari patung, serta beberapa monumen dan bangunan penting.

Dari Oak Park saya berjalan kaki menelusuri Erkindik Boulevard lagi ke selatan hingga penginapan

Di pagi hari sama cantiknya dengan malam

Saya berjalan hingga ke apartment kami, dan menjumpai beberapa toko yang menarik